Selasa, 07 Februari 2012

Al-jazari sang insinyur muslim

Abū al-'Iz Ibn Ismā'īl ibn al-Razāz al-Jazarī (1136-1206) adalah seorang Ilmuwan dari Al-JaziraMesopotamia, yang hidup pada abad pertengahan. Dia adalah penulis Kitáb fí ma'rifat al-hiyal al-handasiyya (Buku Pengetahuan Ilmu Mekanik) tahun 1206, dimana dia menjelaskan lima puluh peralatan mekanik berikut instruksi tentang bagaimana cara merakitnya.


Hanya sedikit yang diketahui tentang Al-Jazari, dan kebanyakan berasal dari perkenalannya dari buku "Pengetahuan Ilmu Mekanik".Al-Jazari juga dikenal sebagai penemu robot dan ilmuan yang pertama kali menciptakan komputer analog yang bisa diprogram dalam bentuk Jam Istana.Kecerdasan Al-Jazari ini lebih dulu unggul dibandingkan tokoh barat, Leonardo Da Vinci yang baru merancang pembuatan robot pada abad ke-14, dan itu pun baru berbentuk desain di atas kertas.


Contoh teknologi yang diciptakan Al-Jazari antara lain adalah robot berbentuk sebuah perahu, 

Salah satu karya sains peninggalan peradaban Islam yang cukup terkenal adalah jam air karya Al-Jazari. Jam air Castil adalah salah satu jam termegah yang disebutkan dalam buku al-Jazari's. Rincian konstruksi dan operasi telah dijelaskan secara eksplisit pada awal l-'amal al Al-Jami 'bayn al-'ilm wa'-Nafi 'fi Sina' di al-hiyal (Sebuah Kompendium tentang Teori dan Praktik Berguna Seni Teknik).

Jam ini memiliki banyak gerakan sepanjang hari, dan akan sangat menyenangkan untuk menonton dan mendengarkan. Dari sudut pandang pengamat, dia akan melihat cakram matahari di ufuk timur akan naik, bulan tidak akan terlihat sama sekali dan enam tanda-tanda zodiak yang terlihat, sedangkan titik pertama dari konstelasi Libra akan ditetapkan.

berkat temuan-temuannya yang telah banyak mempengaruhi rancangan mesin-mesin modern saat ini, maka Al-Jazari mendapat julukan sebagai Bapak Teknik Modern, dan masih banyak lagi ciptaan insinyur muslim ini yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu disini.

                        http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10910197




0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More